Home / Bisnis / Mindset Orang Sukses Yang Perlu Anda Miliki

Mindset Orang Sukses Yang Perlu Anda Miliki

Jika bicara menjadi orang yang sukses, siapa sih yang ga mau? Tapi yang jarang orang tahu adalah bahwa orang-orang yang sukses pasti memiliki mindset orang sukses sehingga mereka bisa mencapai kesuksesan tersebut.

Mindset itu penting karena berawal dari mindset lah tindakan-tindakan kita terbentuk. Dan dari serangkaian tindakan tersebut, nantinya akan muncul peluang-peluang, kesempatan-kesempatan, yang bisa dimanfaatkan sebagai batu loncatan mencapai kesuksesan.

Seringkali, banyak orang mau mencapai suksesnya namun tidak mau menjalani prosesnya.

Nah instalasi mindset orang sukses adalah langkah awal dan menjadi pondasi untuk mencapai kesuksesan-kesuksesan ke depannya.

Setidaknya ada 3 hal yang bisa saya sampaikan terkait mindset orang sukses pada kesempatan kali ini.

Mindset orang Sukses Pertama : Sukses butuh pengorbanan

mindset sukses yang perlu anda miliki 1 scaled - Mindset Orang Sukses Yang Perlu Anda Miliki
Untuk mencapai puncak kesuksesan butuh perjuangan

Ya, di dunia ini, tidak ada yang bisa dicapai tanpa adanya usaha dan pengorbanan.

Tidak percaya? Coba sebut nama-nama orang sukses yang Anda kenal. Mungkin Anda baru mengenalnya ketika dia di puncak kesuksesan. Terkadang hal tersebut membuat Anda silau dan tidak melihat perjuangan yang orang tersebut lakukan dan korbankan untuk mencapai sukses tersebut.

Orang sepintar Bill Gates, pernah dikeluarkan dari kampus. Memulai perusahaan milyaran dollarnya dari garasi rumah.

Jack Ma, jatuh bangun dan berulangkali gagal dan bangkrut memulai dan mengembangkan beberapa usaha sebelum akhirnya menjadi salah satu orang terkaya dengan “Ali Baba”.

Mungkin ilustrasi-ilustrasi tersebut ketinggian buat beberapa orang. Menganggap bahwa mereka tak mungkin sesukses Bill Gates maupun Jack Ma bagaimanapun caranya.

Selain contoh-contoh di atas, sebenarnya banyak sekali ilustrasi sederhana yang menggambarkan tentang perjuangan yang dibutuhkan untuk mencapai sebuah tujuan.

Baca Juga : Ini Prioritas Bisnis Yang Harus Anda Lakukan Dalam Situasi Krisis

Salah satunya adalah pertumbuhan seorang bayi. Dimana untuk bisa bertumbuh (tumbuh gigi, tumbuh besar, atau tumbuh tinggi), seorang bayi mengalami hal-hal yang membuat tidak nyaman.

Kalau lagi bertumbuh begini, bayi itu pasti rewel. Bahkan terkadang sampai timbul demam. Artinya ga nyaman banget ketika mau bertumbuh.

Sama halnya seperti jika kita juga mau bertumbuh. Mau bertumbuh usahanya, mau bertumbuh penjualannya, atau mau bertumbuh pendapatannya. Pasti akan ga nyaman.

Kalau nyaman-nyaman saja, artinya tidak sedang bertumbuh. Stagnan. Stuck. Buntu. Jalan di tempat.

Jadi, kalau mau sukses, jika mau bertumbuh, maka harus siap juga untuk usaha dan melakukan pengorbanan yang diperlukan.

Jangan mau suksesnya aja tapi ga mau usaha.

Itu seperti mimpi di siang bolong. Ga akan terwujud tujuan akhirnya..

Siap untuk berusaha maksimal dan melakukan pengorbanan yang diperlukan kan? 😉

Mindset Orang Sukses Kedua : Luruskan dan Luaskan Niat

mindset sukses yang perlu anda miliki 2 scaled - Mindset Orang Sukses Yang Perlu Anda Miliki
Niat yang lurus dan luas akan sangat membantu

Niat disini juga bisa diartikan sebagai goal/tujuan/outcome Anda. Buat apa sih Anda berbisnis? Buat apa sih Anda berkarir di perusahaan A? Buat apa sih Anda mengerjakan proyek ini?

Berbagai studi menunjukkan bahwa orang yang memulai sesuatu dengan niat yang benar berpeluang lebih besar untuk mewujudkan impiannya.

Mengapa hal ini penting?

Pada dasarnya hasil yang didapatkan itu sesuai dengan niat kita di awal. Dari studi-studi empiris tadi menyatakan bahwa orang-orang yang di dalam hidupnya tidak mencapai apapun, biasanya karena niatnya salah, niatnya setengah-setengah, atau seringnya adalah tidak ada niat sama sekali.

Jika niatnya benar, benar juga hasilnya.

Jika niatnya salah, salah juga hasilnya.

Jika niatnya setengah-setengah, setengah-setengah juga hasilnya.

Jika niatnya ga ada sama sekali, maka ga ada yang didapatkan juga.

Tanpa niat, usaha seperti apapun akan sulit. Tanpa niat pekerjaan semudah apapun akan ditunda. Dan kalau sudah ditunda, apa kira-kira jadinya?

Ya, betul. Jadinya adalah KEGAGALAN.

Jadi jangan remehkan masalah niat ini. Dengan niat yang benar dan jelas maka setiap tantangan sebesar apapun akan selalu bisa dilewati.

Sudah disampaikan di awal tadi bahwa sukses itu diperlukan juga usaha dan perngorbanan. Terkadang usaha dan pengorbanan yang besar menurut ukuran kita.

Nah bayangkan, Anda ketika Anda dihadapkan pada situasi yang menuntut Anda untuk berusaha lebih keras dan melakukan pengorbanan besar. Dan Anda pun mengetahui bahwa usaha dan pengorbanan itu diperlukan.

Disinilah niat itu berperan besar terhadap jalan kesuksesan Anda.

Tanpa adanya niat yang benar dan jelas, maka hampir bisa dipastikan Anda akan menunda segala usaha yang diperlukan untuk bisa sukses.

Tanpa niat yang benar dan jelas, jika di depan mata Anda harus melakukan pengorbanan (waktu, tenaga, atau materi) yang besar untuk mencapai sukses, maka Anda tidak akan rela melakukan pengorbanan yang diperlukan itu.

Jadi, apa niat Anda melakukan apa kesibukan Anda yang sekarang ini?

Mau membiayai keluarga hingga 7 turunan?

Mau merasakan mendapatkan uang 1 Milyar di rekening?

Buat yang jelas di awal.

Baca Juga : Cara Benar Mulai Bisnis Properti Tanpa Modal

Lalu selain niatnya lurus, benar dan jelas, niat itu juga harus luas.

Maksudnya bagaimana?

Nah jadi sebisa mungkin niat Anda ini tidak hanya melibatkan diri Anda. Bukan Anda sendiri yang akan mendapatkan manfaatnya saat nantinya kesuksesan menghampiri Anda. Luaskan niat manfaat yang akan didapatkan.

Misal Anda ingin menumbuhkan bisnis agar bisa menyerap banyak tenaga kerja.

Atau Anda ingin menambah penghasilan hingga 10 juta per bulan agar di akhir tahun bisa mengumrohkan orang tua.

Atau Anda ingin mendapatkan profit minimal 20 juta per bulan agar setengahnya bisa Anda donasikan untuk yatim dan dhuafa.

Banyak studi-studi empiris juga yang menyatakan ketika kita berjuang akan sesuatu untuk orang lain, maka memberikan energi tambahan yang luar biasa untuk kita mencapai tujuan kita tersebut.

Ibarat kata ada bahan bakar tambahan untuk bisa sampai tujuan tersebut.

Jika dilihat dari sisi spiritual, luasnya niat ini juga berpengaruh besar terutama terkait campur tangan Allah SWT dalam menggapai niat kita.

Tidak ada sesuatu di dunia ini yang terjadi di luar izin Allah SWT. Termasuk niat di atas tadi. Oleh karena itu kita semua butuh pertolongan Allah SWT. Caranya salah satunya adalah luaskan niat ini.

Bagaimana bisa meluaskan niat bisa mengundang pertolongan Allah SWT?

Orang yang niatnya luas, artinya tidak hanya untuk diri sendiri.

Kalo niatnya hanya untuk diri sendiri, maka Allah akan berikan kemampuan sebatas yang dibutuhkan diri sendiri saja. Tetapi kalo niatnya luas, misal untuk keluarga atau bahkan kemaslahatan orang banyak, maka insyaAllah pertolongan kemampuan yang diberikan juga akan menyesuaikan dan semakin besar juga.

Hal ini bukannya tanpa dasar dan landasan yang jelas. Karena ada dalil yang mendukungnya seperti yang ada di bawah ini.

“Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan (dalam masalah hutang), maka Allah Azza wa Jalla memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi (aib) dari seorang muslim, maka Allah akan menutup (aib)nya di dunia dan akhirat. Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya” HR Muslim no. 2699

Jadi sampai disini jelas ya. Untuk bisa sukses di dalam hal apapun, Anda harus bisa meluruskan dan meluaskan niatnya.

Apa tujuan Anda melakukan ini? Untuk siapa Anda melakukannya? Kenapa?

Silahkan dipikirkan, dan direnungkan dalam-dalam.

Mindset Orang Sukses Yang Ketiga : Fokus Pada Hal Yang Bisa Anda Lakukan

global strategy 1024x682 - Mindset Orang Sukses Yang Perlu Anda Miliki
Anda hanya bisa mengubah hal yang bisa Anda kendalikan

Hal yang ketiga ini mungkin sedikit berbeda dari yang ada di luaran sana. Namun hal ini sangat berefek pada pencapaian tujuan saya pribadi, tim saya, maupun mentor-mentor saya yang tentang hal ini.

Setelah Anda menetapkan niat/goal/tujuan tadi, silahkan simpan baik-baik. Jangan di share ke orang lain, cukup diri Anda sendiri yang tau.

Setelah menetapkan niat tadi, secara semi otomatis, otak Anda akan berpikir mencari jalan untuk mencapai tujuan tersebut. 😊

Setelah dapat, kini Anda alihkan fokus Anda pada hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan tadi. Dan disaat bersamaan, lupakan tujuan awal tadi.

Untuk memudahkan Anda memahami, saya akan coba berikan ilustrasi.

Jika Anda bertujuan ingin menurunkan berat badan Anda sebesar 10 kg dalam waktu 3 bulan. Maka setelah menetapkan tujuan akhir tadi, Anda akan tau apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Seperti, lari pagi minimal 15 menit keliling komplek setiap hari, makan makanan sehat setiap hari, tidak makan junk food, rajin minum air putih, berenang 2 kali dalam sepekan, dan tidak makan apapun 3 jam sebelum tidur.

Pertanyaan saya,

Apakah dengan melupakan tujuan Anda untuk turun 10 kg dalam 3 bulan, serta hanya fokus ke hanya fokus ke olahraga-olahraga yang ditetapkan dan diet makanan yang dijalankan, di bulan ketiga nanti berat badan Anda akan turun 10 kg?

Menurut saya sih iya..

Jadi, letak keberhasilan bukan semata diniat atau tujuannya. Tapi pada proses yang Anda lalui untuk mencapai niat tersebut.

Namun niat/tujuan awal itu tetap penting. Karena tanpa adanya niat, Anda tidak tau harus kemana. Niat sebagai penunjuk arah.

Niat adalah “Mekkahnya”. Banyak jalan menuju Mekkah. Bisa jalan kaki, naik sepeda, naik pesawat, atau kapal laut. Fokus pada bagaimana mencapai Mekkah, maka akan sampai juga ke Mekkah.

Guru saya pernah bilang,

“Kita tidak bisa berfokus terhadap hasil, melainkan kepada trigger atau pemicu dari hasil tersebut.”

Maka, yang Anda lakukan kini adalah merubah fokus Anda. Fokus pada hal-hal yang Anda bisa kendalikan saja. Perkara hasil, pasrahkan dan tentunya sambil didoakan ya.. 😊

Nah itulah 3 hal mindset orang sukses atau pola pikir dasar yang penting untuk Anda terapkan untuk bisa mencapai kesuksesan.

Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan di share agar makin banyak orang yang tahu dan Anda turut mendapatkan pahala kebaikannya juga. 🙂

Salam sukses mulia penuh keberkahan.

Kredit : Seluruh gambar dari envato.elements.com

About Nasuha Alhuda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *